EnglishFrench German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

21 Nov 2012

Cara pasang sitemap pada blogger

XML Sitemaps adalah seperti sebuah direktori yang memuat seluruh artikel dalam sebuah website atau blog. Mesin pencari atau search engine seperti google atau bing mengambil dan merujuk pada sitemap ini untuk menampilkan artikel-artikel pada website atau blog dan bisa juga tidak menampilkan artikel-artikel tersebut ketika bot search engine membacanya. Permasalahannya sekarang adalah secara default XML Sitemap file dari blog yang memakai blogger atau blogspot sebagai hosting, hanya terbatas sejumlah 26 artikel terbaru yang dimuat. Akibatnya artikel-artikel lama banyak yang tidak masuk ke XML sitemap, dan kemungkinan tidak akan pernah terindex oleh mesin pencari google atau bing. Sebagai solusi mengatasi masalah tersebut, di bawah ini adalah cara untuk agar XML sitemap blogger/blogspot tidak terbatas hanya memuat 26 artikel saja.
Cara ini berlaku bagi blog dengan jenis blogspot, seperti blog ini nekadbisnis.blogspot.com ataupun custom domain dengan hosting dari blogger.
  • Langkah pertama adalah buka Sitemap Generator dan masukkan alamat lengkap url web atau blog.
  • Selanjutnya membuat sitemap dengan menekan tombol Generate sitemap, maka secara otomatis XML Sitemap akan dibuat. Copy semuat text sitemap tersebut.
  • Kemudian masuk ke dashboard di blogger dan buka pada bagian setting yang dibawahnya terdapat menu Search Preferences, pada bagian Custom robot.txt option, ganti dengan enable (default:disable) untuk memungkinkan crawling dan indexing. Paste text sitemap yang telah dibuat dan simpan settingan ini. Selesai
Dengan membuat custom sitemap tersebut berarti sudah tidak repot-repot lagi untuk membuat ping secara manual terhadap perubahan isi dari web/blog. Karena secara otomatis sitemap tersebut akan memberitahukan google atau bing search engine jika ada perubahan atau konten baru dari web atau blog tersebut. Demikian artikel tentang Tutorial cara memasang sitemap pada blogger blogspot, semoga bermanfaat.



rating : 4.5 by : nekadbisnis

0 komentar:

Posting Komentar